Friday, March 27, 2015

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LAMBUYA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lambuya yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching.  (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lambuya yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. (3) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan model pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lambuya. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Purposive Sampling. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah 73,55 (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah 67,96, (3) Ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas VIIA dan pembelajaran konvensional pada kelas VIIC SMP  Negeri  1 Lambuya.


Kata kunci:  Model pembelajaran reciprocal teaching, pembelajaran  konvensional, hasil belajar matematika.


Abstract

This study aimed to know: (1) How the results of the seventh grade students learn math SMP Negeri 1 Lambuya taught by using learning model Reciprocal Teaching. (2) How the results of the seventh grade students learn math SMP Negeri 1 Lambuya taught by conventional learning models. (3) Whether there are a significant difference between students taught by Reciprocal Teaching learning model and conventional learning models at seventh grade students of SMP Negeri 1 Lambuya. Sampling was done by purposive sampling technique. The results of the study are descriptive and inferential show that (1) Average of the student learning outcomes taught by learning model Reciprocal Teaching is 73.55 (2) Average of the student learning outcomes taught by conventional learning is 67.96, (3) There are a significant differences between the application of learning models Reciprocal Teaching the students of class VIIA and conventional learning in class VIIC SMP Negeri 1 Lambuya.

Keywords: Learning model reciprocal teaching, conventional learning, math learning outcomes.



No comments:

Post a Comment