Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lambuya
yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Lambuya yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. (3) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan
antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan model pembelajaran konvensional
siswa kelas VII SMP Negeri 1
Lambuya. Pengambilan
sampel dilakukan dengan tehnik Purposive
Sampling. Hasil
penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa (1)
Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah 73,55 (2)
Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional
adalah 67,96, (3) Ada
perbedaan yang signifikan antara penerapan model
pembelajaran Reciprocal Teaching pada siswa kelas VIIA dan pembelajaran konvensional pada kelas VIIC SMP Negeri 1 Lambuya.
Kata kunci: Model pembelajaran reciprocal
teaching,
pembelajaran konvensional, hasil
belajar matematika.
Abstract
This study aimed to know: (1) How the results of the
seventh grade students learn math SMP Negeri 1 Lambuya taught by using learning
model Reciprocal Teaching. (2) How
the results of the seventh grade students learn math SMP Negeri 1 Lambuya
taught by conventional learning models. (3) Whether there are a significant
difference between students taught by Reciprocal
Teaching learning model and conventional learning models at seventh grade
students of SMP Negeri 1 Lambuya. Sampling was done by purposive sampling
technique. The results of the study are descriptive and inferential show that
(1) Average of the student learning outcomes taught by learning model Reciprocal Teaching is 73.55 (2) Average
of the student learning outcomes taught by conventional learning is 67.96, (3)
There are a significant differences between the application of learning models Reciprocal Teaching the students of
class VIIA and conventional learning in class VIIC SMP
Negeri 1 Lambuya.
Keywords: Learning model reciprocal teaching, conventional learning, math learning outcomes.
No comments:
Post a Comment