BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Teori belajar behavioristik adalah sebuah teori yang dicetuskan oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Teori ini lalu berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap arah pengembangan teori dan praktik pendidikan dan pembelajaran yang dikenal sebagai aliran behavioristik. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar.
Teori behaviorisme dengan model hubungan stimulus-responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode pelatihan atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan semakin kuat bila diberikan penguatan dan akan menghilang bila dikenai hukuman.
Menurut teori behaviorisme belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman (Gage, Berliner, 1984). Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon (Slavin, 2000). Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada siswa, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.
Proses yang terjadi antara stimulus dan respon tidak penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur. Yang dapat diamati adalah stimulus dan respon, oleh karena itu apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh siswa (respon) harus dapat diamati dan diukur. Teori ini mengutamakan pengukuran, sebab pengukuran merupakan suatu hal penting untuk melihat terjadi atau tidaknya perubahan tingkah laku tersebut.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan tentang teori Behaviorisme adalah :
1. Apakah pengertian Teori behaviorisme?
2. Siapa saja tokoh yang menganut aliran behaviorisme?
3. Bagaimana ciri dari teori belajar behaviorisme?
4. Apa saja prinsip dalam teori belajar behaviorisme?
5. Bagaimana aplikasi dalam pembelajaran behaviorisme?
6. Bagaimana implikasi teori belajar behaviorisme?
7. Apakah tujuan pembelajaran teori behaviorisme?
8. Apakah Kelebihan dan Kekurangan Teori behaviorisme?
1.3 Tujuan Makalah
Adapun tujuan makalah dalam penulisan makalah ini, yaitu :
1. Dapat menjelaskan pengertian teori behaviorisme
2. Dapat memperbandingkan teori behaviorisme menurut para tokoh
3. Dapat mengkategorikan ciri dari teori belajar behaviorisme
4. Dapat menunjukan aplikasi dalam pembelajaran behaviorisme
5. Dapat menunjukan implikasi dalam pembelajaran behaviorisme
6. Dapat menyatakan pendapat tentang tujuan pembelajaran behaviorisme
1. Apakah pengertian Teori behaviorisme?
2. Siapa saja tokoh yang menganut aliran behaviorisme?
3. Bagaimana ciri dari teori belajar behaviorisme?
4. Apa saja prinsip dalam teori belajar behaviorisme?
5. Bagaimana aplikasi dalam pembelajaran behaviorisme?
6. Bagaimana implikasi teori belajar behaviorisme?
7. Apakah tujuan pembelajaran teori behaviorisme?
8. Apakah Kelebihan dan Kekurangan Teori behaviorisme?
1.3 Tujuan Makalah
Adapun tujuan makalah dalam penulisan makalah ini, yaitu :
1. Dapat menjelaskan pengertian teori behaviorisme
2. Dapat memperbandingkan teori behaviorisme menurut para tokoh
3. Dapat mengkategorikan ciri dari teori belajar behaviorisme
4. Dapat menunjukan aplikasi dalam pembelajaran behaviorisme
5. Dapat menunjukan implikasi dalam pembelajaran behaviorisme
6. Dapat menyatakan pendapat tentang tujuan pembelajaran behaviorisme
Isi Lengkap Download disini
Makalah yang bagus untuk referensi artikel serupa.
ReplyDeleteSaya juga menuliskan materi Prinsip-prinsip behaviorisme dalam blog, jika ada yang berkenan silahkan mampir untuk membacanya.
https://santikoaji.blogspot.com/2016/05/prinsip-prinsip-belajar-behaviorisme.html
Thanks a lot.. makalahnya sangat membantu
ReplyDelete