Monday, August 31, 2015

Tugas Makalah Teori Belajar Cognitivisme/paper of kognitivism learning theory Tahun Pelajaran 2014/2015

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan suatu materi pelajaran, tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuannya dalam menguasai materi yang akan disampaikan. Akan tetapi ada faktor-faktor lain yang harus dikuasainya sehingga ia mampu menyampaikan materi secara profesional dan efektif. Menurut Zakiyah Daradjat, pada dasarnya ada tiga kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi penguasaan atas bahan, dan kompetensi dalam cara-cara mengajar.
Belajar seharusnya menjadi kegiatan yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Belajar merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang paling penting dalam upaya mempertahankan hidup dan mengembangkan diri. Dalam dunia pendidikan belajar merupakan aktivitas pokok dalam penyelenggaraan proses belajar-mengajar. Melalui belajar seseorang dapat memahami sesuatu konsep yang baru, dan atau mengalami perubahan tingkah laku, sikap,dan ketrampilan. 
Menurut Herman Hudoyo “Belajar merupakan suatu proses aktif dalam memperoleh pengalaman, pengetahuan baru, sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku. Misalnya setelah belajar siswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan dimana sebelumnya ia tidak dapat melakukannya”. dikutip dari pendapat Oemar Hamalik “Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan”. Belajar memegang peranan penting didalam perkembangan, kebiasaan, sikap, keyakinan, tujuan, kepribadian dan bahkan persepsi manusia.
Banyak teori belajar yang menginspirasi dan mendasari lahirnya macam-macam strategi pembelajaran yang memuat classical interactionseperti teori behaviorisme, teori kognitivisme, dan teori konstruktivisme. Dilihat dari diterapkannya strategi dan metode pengajaran yang ilmiah, yang mendasarkan pada pemahaman tentang teori-teori pembelajaran dan pertimbangan pendekatan belajar siswa (student learning approach). Pemahaman tentang pengajaran (teaching) juga berkembang, dari teacher centered, yang lebih menekankan pada content oriented, menjadi student centered yang lebih berorientasi pada memfasilitasi terjadinya kegiatan belajar (learning oriented).
Pada makalah ini penulis lebih dalam menjelaskna masalah teori kognitivisme, teori belajar kognitif lebih menekankan pada belajar merupakan suatu proses yang terjadi dalam akal pikiran manusia. Seperti juga diungkapkan oleh Winkel bahwa “Belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan pemahaman, ketrampilan dan nilai sikap. Perubahan itu bersifat secara relatif dan berbekas”.

          Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya belajar adalah suatu proses usaha yang melibatkan aktivitas mental yang terjadi dalam diri manusia sebagai akibat dari proses interaksi aktif dengan lingkungannya untuk memperoleh suatu perubahan dalam bentuk pengetahuan, pemahaman, tingkah laku, ketrampilan dan nilai sikap yang bersifat relatif dan berbekas.
2.2  Rumusan Masalah
                Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
1.    Bagaimana definisi dan ciri – ciri teori kognitivisme?
2.    Siapa saja tokoh-tokoh teori kognitivisme?
3.    Bagaimana langkah – langkah dalam pembelajaran kognitivisme?
4.    Bagaimana konsep teori kognitivisme?
5.    Bagimana implikasi teori kognitivisme dalam pembelajaran?
6.    Aplikasi Teori Kognitivisme ?
7.    Kelebihan dan Kekurangan Teori Kognitivisme ?

2.3  Batasan Rumusan Masalah
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :

1.    Memahami TEORI BELAJAR KOGNITIVISME berdasarkan Para Ahli.

2.4  Tujuan
       Adapun tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut :
1.  Untuk menjelaskan definisi  dan ciri– ciri teori kognitif
2.  Untuk menjelaskan tokoh serta konsep teori kognitif.
3.  Bagaimana langkah – langkah dalam pembelajaran kognitivisme?
4.  Bagaimana konsep teori kognitivisme.
5.  Menjelaskan implikasi dalam pembelajaran.
.
7.  Untuk menjelaskan bagaimana Aplikasi Teori Kognitivesme.
8.  Untuk menjelaskan Kelebihan dan Kekurangan Teori Kognitivisme.

2.5  Manfaat

            Adapun Manfaat dari makalah Kami ini  Kita sebagai pembaca dapat menegetahui dan memahami secara jelas tentang apa itu teori belajar Kognitivisme.


Isi Makalah Lengkap Download Disini

No comments:

Post a Comment