Monday, August 31, 2015

Tugas Makalah Teori Belajar Humanistik/paper of humanistic learning theory Tahun Pelajaran 2014/2015

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Manusia merupakan makhluk paling sempurna yang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan secara sistematis. Proses pertumbuhan manusia bersifat meningkat, menetap,  kemudian mengalami kemunduran sejalan dengan bertambahnya usia. Berbeda halnya dengan perkembangan yang relatif berkelanjutan sepanjang individu yang bersangkutan tetap memeliharanya. Dengan demikian, pertumbuhan cenderung mengarah pada kemajuan fisik atau pertumbuhan tubuh sampai pada masa tertentu sedangkan perkembangan lebih menunjuk pada kemajuan mental atau perkembangan rohani yang melaju terus sampai akhir hayat.
Perubahan tersebut terjadi karena koordinasi sel saraf di daerah otak sudah sempurna. Ini membawa implikasi pendidikan bahwa anak-anak pada usia balita akan sulit memfokuskan perhatian dan mempertahankan perhatian dalam jangka waktu yang lama. Namun, ketika mereka memasuki sekolah dasar fokus perhatiannya akan semakin kuat.   
Proses pematangan otak harus diiringi dengan peluang-peluang untuk mengalami dunia yang makin luas. Dalam hal ini, pendidikan harus memberikan lebih banyak kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai keterampilan-keterampilan yang memungkinkan otaknya berkembang.
Seiring dengan bertambahnya usia anak, proses pembelajaran seharusnya lebih mendorong anak untuk mencari dan meneliti apa yang dikehendakinya baik di rumah, maupun di sekolah, di buku-buku, majalah, atau gambar dan alam sekitarnya sehingga mereka memperoleh apa yang dikehendakinya.
            Pendidikan merupakan salah satu wadah untuk membekali anak dalam hal berinteraksi, memahami, serta bersosialisasi dalam hidup bermasyarakat. Selain itu pendidikan juga merupakan salah satu kegiatan yang terorganisasi untuk membantu anak menghadapi masa depan. Sehingga dapat dikatakan bahwa “Pendidikan seharusnya merupakan upaya mengembangkan segala potensi anak, melatih pengamatan, dan pengambilan keputusan, merangsang pemikiran dan imajinasi, serta memperdalam pemahaman dan memperkuat konsentrasi” (Desmita, 2009:95).

B. Rumusan Masalah
1.        Apa pengertian dari teori belajar humanistik?
2.        Siapakah tokoh-tokoh dari teori belajar humanistik?
3.        Apa sajakah prinsip-prinsip teori belajar humanistik?
4.        Bagaimana implikasi dari teori belajar humanistik?
5.        Seperti apa aplikasi dari teori belajar humanistik?

C.      Batasan masalah

Untuk  memahami penjelasan humanistic dan tiokoh_tokoh teori umanistik.

D. Tujuan
1.        Mahasiswa mampu memahami apa yang dimaksud dengan teori belajar humanistik.
2.        Mengenal tokoh-tokoh dalam teori belajar humanistik.
3.        Mampu memahami apa saja prinsip di dalam teori belajar humanistik.
4.        Memahami pengimplikasian dari teori belajar humanistik dalam proses belajar.
5.        Mengetahui cara penerapan atau pengaplikasian teori belajar humanistik.

F. Manfaat
1.      Bagi siswa/ konseli, agar dapat lebih memahami dirinya sendiri.
2.      Bagi orang tua, agar lebih memperhatikan kondisi serta kehidupan anak.
3.      Bagi konselor, agar dapat mengarahkan konseli kearah yang lebih baik untuk dapat menyelesaikan masalahnya.

4.      Bagi guru wali kelas atau bidang studi, agar dapat membantu dan lebih memperhatikan konseli bimbingannya lebih dalam lagi.

Isi Makalah Lengkap Download Disini

No comments:

Post a Comment