Monday, August 31, 2015

Tugas Makalah Teori Belajar Konstruktivisme/paper of construktivistic learning theory Tahun Pelajaran 2014/2015

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

     Saat ini terdapat beragam inovasi baru di dalam dunia pendidikan terutama pada proses pembelajaran. Salah satu inovasi tersebut adalah teori belajar konstruktivisme. Pemilihan pendekatan ini lebih dikarenakan agar pembelajaran membuat siswa antusias terhadap persoalan yang ada sehingga mereka mau mencoba memecahkan persoalannya. 

        Menurut teori ini, ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seseorang melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan. Proses ini tidak berjalan terpisah-pisah tetapi melalui proses yang berkesinambungan dan menyeluruh. Melalui proses yang bermakna maka seorang anak akan tumbuh menjadi seorang individu yang lebih sempurna. Sama juga dalam hal belajar, penanaman proses lebih penting bila dibandingkan dengan penekanan hasil. Dengan proses yang bermakna maka akan dapat menghasilkan keluaran yang baik.

      Dan seorang guru perlu memperhatikan konsep awal siswa sebelum pembelajaran. Jika tidak demikian, maka seorang pendidik tidak akan berhasil menanamkan konsep yang benar, bahkan dapat memunculkan sumber kesulitan belajar selanjutnya. Mengajar bukan hanya untuk meneruskan gagasan-gagasan pendidik pada siswa, melainkan sebagai proses mengubah konsepsi-konsepsi siswa yang sudah ada dan mungkin konsepsi itu salah, dan jika salah maka pendidik harus membantu siswa dalam mengkonstruksi konsepsi tersebut agar lebih matang.

B. Rumusan Masalah

1. Apa pengertian teori belajar konstruktivisme ?
2. Siapa tokoh teori belajar konstruktivisme ?
3. Apa saja prinsip, ciri-ciri, model, dan tujuan dari teori belajar konstruktivisme ?
4. Apa saja langkah-langkah dalam proses pembelajaran konstruktivisme ?
5. Bagaimana klasifikasi pendekatan berbasis konstruktivisme ?
6. Bagaimana konsep dasar dari teori belajar konstruktivisme ?
7. Bagaimana penerapan model pembelajaran konstruktivisme ?
8. Apa saja kelebihan dan kekurangan teori belajar konstruktivisme ?

C. Batasan Masalah

Dalam hal ini, penyusun membatasi masalah pada kajian teori belajar kontruktivisme, tokoh-tokoh yang terkait didalamnya, serta analisis dan implikasinya dalam pembelajaran.

D. Tujuan Penulisan

1. Memahami pengertian dari teori belajar konstruktivisme.
2. Mengetahui tokoh yang berperan penting dalam teori belajar konstruktivisme.
3. Mengetahui prinsip, ciri-ciri, model, dan tujuan dari teori belajar konstruktivisme.
4. Mengetahui langkah-langkah dalam proses pembelajaran konstruktivisme.
5. Mengetahui klasifikasi Pendekatan Berbasis Konstruktivisme.
6. Mengetahui konsep dasar dari teori belajar konstruktivisme.
7. Mengetahui dan memahami penerapan model pembelajaran konstruktivisme.
8. Mengetahui kelebihan dan kekurangan teori pembelajaran konstruktivisme.

E. Manfaat Penulisan

         Penulisan makalah ini diharapkan berguna sebagai suatu pembelajaran yang berarti bagi semua pihak khususnya bagi pendidik, peserta didik, dan calon pendidik.


ISI MAKALAH LENGKAP DOWNLOAD DISINI

No comments:

Post a Comment