Abstrak
Telah dilakukan penelitian Penerapan perangkat pembelajaran berbasis CTL (Contekstual Teaching And Learning) dan E-Learning untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran Sains di SD 01 Poasia sebagai Sekolah
Unggulan (sebelumnya Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional) di Kota Kendari, dengan menerapkan
Four-D Model dengan beberapa adaptasi kerangka berfikir yang sesuai. Instrumen
yang digunakan adalah lembar observasi, Silabus/RPP, pengelolaan pembelajaran dan persepsi siswa terhadap penerapan
perangkat pembelajaran. Data-data dianalisis dengan statistik deskriptif
kualitatif yang dapat memberikan informasi tentang efektivitas dan keterbacaan
perangkat pembelajaran, serta kemampuan guru Sains dalam mengelola pembelajaran
sesuai yang diinginkan KTSP.
Berdasarkan
hasil deskriptif terhadap hasil belajar yang
diperoleh siswa kelas IV & V SD Negeri 1 Poasia
sebelum dan sesudah penerapan perangkat pembelajaran, seperti yang telah dipaparkan pada deskripsi hasil uji
coba perangkat pembelajaran, nampak bahwa hasil belajar siswa cenderung
mengalami peningkatan rata-rata. Hal ini nampak pada nilai rata-rata pada: (1)
siswa kelas IV melalui pre-test sebesar 46,05 dimana ada siswa yang tuntas sebesar 7,89
atau perolehan nilai siswa sama atau lebih besar dari nilai 65, sedang pada
post test nilai rata-rata menjadi 75,53 dengan ketuntasan belajar secara individu
menjadi sebesar 84,21 % atau terjadi peningkatan rata-rata penguasaan
konsep/hasil belajar siswa sebesar 64.53 %.; (2) rata-rata pre-test siswa kelas V sebesar 59,36
dimana ada 35,29 %
siswa yang sudah tuntas atau perolehan nilai siswa sama atau lebih besar dari
skor 65, sedang pada post test nilai
rata-rata menjadi 73,15 dengan
ketuntasan belajar secara individu menjadi sebesar 79%
atau terjadi peningkatan rata-rata penguasaan konsep/hasil belajar Sains siswa sebesar 23,23 %.
Hasil penelitian ini dapat
dijadikan dasar pengambilan kebijakan bagi Dinas Diknas Kota Kendari untuk
mencoba menerapkan perangkat pembelajaran tersebut pada sekolah lain dalam
lingkup Kota Kendari.
Kata Kunci :CTL ,E-Learning,Perangkat Pembelajaran.
(isi jurnal lengkap Download disini)
No comments:
Post a Comment