Friday, March 27, 2015

Pengembangan Bahan Ajar IPA-Fisika Interaktif Model E-learning Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) se Kota Kendari sebagai Sekolah Laboratorium Pembelajaran bagi Mahasiswa Pendidikan MIPA-FKIP Unhalu

Abstrak
Telah dilakukan penelitian Pengembangan Bahan Ajar IPA-Fisika Interaktif Model e-Learning Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) se Kota Kendari. Tujuan jangka panjang adalah terlaksananya pembelajaran IPA–Fisika sesuai dengan KTSP di Sekolah-sekolah dalam lingkup Kota Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan yang  menerapkan Model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).
Hasil Penelitian diperoleh bahwa Bahan ajar IPA-Fisika Interaktif Model e-Learning Berbasis Web pada materi pokok Energi dan Usaha untuk SMP kelas VIII memenuhi kelayakkan dengan deskripsi untuk tampilan media web bahan ajar IPA-Fisika masuk dalam kategori Baik (dengan rata-rata persentase 94,29%), untuk bahan ajar IPA-Fisika materi pokok energi dan usaha masuk dalam kategori Baik (dengan rata-rata persentase 92,86%), dan untuk persepsi siswa terhadap bahan ajar masuk dalam kategori Cukup Baik (dengan rata-rata persentase 66,84%).

Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar pengambilan kebijakan bagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari untuk mencoba menerapkan perangkat dan Media pembelajaran e-Learning berbasis Web tersebut pada sekolah lain dalam lingkup Kota Kendari.


(Isi Jurnal Lengkap Download Disini)

No comments:

Post a Comment